Social Icons

26 June 2012

Workshop Pembina GABI dan SMB Nasional


Mengambil tema "Dengan Semangat Pengabdian kita Tingkatkan Kualitas Pembina Sekolah Minggu Buddhis", DPP IPGABI Sekber PMVBI menyelenggarakan Workshop Pembina GABI dan SMB Nasional  kepada seluruh pembina GABI dan sekolah minggu Buddhis di Indonesia.  Sebanyak 82 orang yang berasal dari 14 provinsi di Indonesia berkumpul bersama di Prasadha Jinarakkhita mengikuti acara yang berlangsung dari 22-24 Juni 2012.

Memenuhi undangan tersebut maka Sekber Sumsel mengirimkan 6 orang perwakilannya mengikuti acara tersebut. Dari pihak Sekber Sumsel dikirim sdri Gusnawati, Ika Purnama Sari, Yessy sebagai perwakilan ditambah Michael (PPBD Dharmakirti), Niko Setiawan (Maitribhumi), dan Rhina (Samudra). Mereka bertolak ke Jakarta pada hari Jumat, 21 Juni 2012 menggunakan pesawat Batavia pukul 17.25 WIB.

Hari 1, 22 Juni 2012
Kontingen Sumsel pada sesi perkenalan
Hari 1 kegiatan diawali dengan proses registrasi semua peserta yang hadir. Tercatat 82 peserta dari perwakilan 14 provinsi yaitu dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Riau, Bangka, Lampung, Jambi, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah dan Yogyakarta hadir mengikuti acara tersebut. Setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan konsolidasi daerah yang dibawakan DPP IPGABI dimana setiap perwakilan memperkenalkan anggotanya kepada semua peserta.
Sesi materi berikutnya dibawakan oleh Ida B. Kartika Dewi mengenai materi motivasi dan games untuk pembina sebanyak 2 bagian. Acara berlanjut pada sore hari diisi oleh Ibu Mutia mengenai siswa, terakhir peserta diberikan materi mengenai pemahaman Buddhayana  oleh Bapak Hendry Chandra.

Hari 2, 23 Juni 2012

Pembukaan acara
Hari ke 2 diawali dengan puja bakti bersama kemudian dilanjutkan upacara pembukaan acara Workshop Pembina GABI dan SMB Nasional. Doa dan Kata sambutan dari Sagin yang diwakili oleh Bhante Badraputra, MBI diwakili oleh Bapak Henwi Wijaya, ketua panitia Kusyanto, Ketua DPP IPGABI Novia Frederica Luis, ketua Sekjen Sekber PMVBI Suryanto, ST serta dari WBI oleh Ibu Meta.




Bro Lim (Lim Teik Liong)
Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi materi yang dibawakan oleh Bro Lim (Lim Teik Liong) pembicara dari Malaysia. Beliau membagikan pengalaman mengajar anak, cara mengetahui suasana hati anak yang tepat sehingga mereka bisa semangat untuk belajar ke vihara. Walaupun terkendala bahasa dikarenakan beliau kurang lancar berbahasa Indonesia acara tetap berjalan lancar dan menarik. 
Menggunakan bahasa Melayu dan Inggris, beliau mencoba mengajak para peserta untuk lebih semangat dan aktif dalam mengajar anak-anak.
Seperti yang dituturkan peserta dari Sumsel, Gusnawati yang mengatakan, "Walaupun diawal acara sedikit monoton dan membosankan dikarenakan kendala bahasa namun lama kelamaan materi yang disampaikan semakin menarik dan bermanfaat." 

Peserta diajarkan berbagai teknik mengajar
Cara memandu games ke anak-anak
Hari ke-2 ditutup oleh Sdr. Eddy Jonson yang menyajikan sesi kreativitas gerak, lagu dan kurikulum serta perayaan ultah kepada peserta yang berulangtahun pada bulan Juni 2012.

Hari 3, 24 Juni 2012

Di hari terakhir Workshop Pembina GABI dan SMB Nasional, sesi terakhir rangkaian acara masih dibawakan oleh Bro Lim yang memberikan praktek mengajar yang baik sebelum dilanjutkan sdr Eddy Jonson dalam sesi kreativitas gerak dan lagu. Akhir acara ditandai dengan pemutaran slide foto kegiatan dan foto bersama seluruh peserta dan ditandai pemukulan lonceng menandakan acara resmi ditutup.

Penutupan acara
Foto bersama
Demikian seluruh rangkaian 3 hari acara Workshop Pembina GABI dan SMB Nasional ini berlangsung. Semoga apa yang telah diajarkan dapat dibagikan kepada teman-teman lainnya.


Niko Setiawan
Niko yang merupakan perwakilan dari PBVMB menuturkan bahwa selama acara ia banyak mendapatkan pengalaman baru serta teman-teman baru. Dari sisi materi ia mendapatkan ilmu dan teknik mengajar yang baik sekaligus dapat mengenal pembicara dari luar negeri.






Rhina Andalika
Hampir senada dengan Niko, perwakilan dari Samudra Palembang ini mengatakan selain mendapatkan pengalaman baru ia juga mendapatkan efek positif yang dapat mendukung dirinya agar bisa menjadi lebih baik dalam mengajar.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates