Social Icons

28 March 2013

Musyawarah Kerja Daerah XII


Musyawarah Kerja Daerah ke 12 Sekber PMVBI Provinsi Sumatera Selatan yang bertemakan "SATU HATI, SATU TUJUAN, SATU KELUARGA" resmi dibuka pada acara pembukaan yang diselenggarakan pada hari Jumat, 29 Maret 2013 di Vihara Samantabhadra, Palembang. Mukerda kali ini diikuti 79 orang peserta yang berasal dari 10 PMV/C yang tersebar di seluruh Sumatera Selatan. Suatu hal yang menggembirakan bahwa baru pertama kali ini 10 PMV/C di Sumatera Selatan dapat hadir dan bermusyawarah bersama.

Hari 1 - 29 Maret 2013
Acara pembukaan yang dihadiri undangan dari SAGIN, MBI Provinsi, Senior Sekber, Yayasan Balaputradewa Indonesia ini berjalan dengan lancar dan khidmat. Dengan diiringi pemukulan genta oleh Penasehat Yayasan Balaputradewa, Achmad Tolip, SH, MH acara Mukerda XII resmi dibuka.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi materi yang disampaikan oleh Ko Denifan, alumni Sekber Sumsel yang pernah menjabat sebagai ketua. Selama 2 jam para peserta diberikan motivasi dan semangat dalam berorganisasi. Setelah makan siang, peserta diberikan waktu untuk relaksasi yang dipimpin Marlisa.



Materi selanjutnya adalah materi komisi yang dibagi 2 yaitu sesi materi SDM dan DPD IPGABI. Untuk sesi SDM dipimpin oleh Marlisa dan Lisan dengan agenda sharing kendala dan solusi dari tiap PMV/C. Di tempat lain biro DPD IPGABI memberikan materi pelatihan buat para pembina sekolah minggu. Sesi yang dipimpin oleh Gusnawati dan Febrina memberikan berbagai macam gerak tari dan lagu serta beberapa tips menjadi pengajar yang baik.



Menjelang sore hari, para peserta kembali dibekali materi yang dibawakan oleh Ko Darmendra Wijaya sebagai salah satu senior Sekber Sumsel dan Sekjen. Beliau memberikan materi dan games yang memberikan pemahaman tentang organisasi dan pentingnya media komunikasi dalam berorganisasi.

Malamnya setelah melaksanakan kebaktian, peserta kembali mendapatkan pembekalan yang langsung diberikan oleh YL Samanera Viryananda. Beliau memberikan materi seputar kepemimpinan dalam berorganisasi.



Hari 2 - 30 Maret 2013


Hari ke 2 pelaksanaan Mukerda dibuka dengan puja bakti bersama dan dilanjutkan materi Sangha yang masih dibawakan oleh YL Samanera Viryananda, kali ini materi yang diberikan berkaitan dengan seni-seni dalam memimpin.


Acara berlanjut dengan pembekalan selanjutnya yang kali ini dibawakan oleh Mas Sujarwoto. Beliau mengajarkan arti Satu Hari, Satu Tujuan, Satu keluarga melalui permainan ketangkasan.

Siang harinya materi dibawakan langsung oleh Ketua Sekber, Erwin Husin mengenai STKN 2013. Pembahasan yang menjadi pokok utama dari acara Mukerda XII ini. Dari pembahasan ini didapatkan beberapa poin keputusan diantaranya :
  1. Perwakilan Sumatera Selatan dalam STKN 2013 di Jawa Timur pada bulan Desember 2013 ialah : PPBD (LCT), PBVMB (Dhammaduta dan MIK), SAMUDRA (Cerita Gabi), PMBL (Lubuklinggau). Mereka semua merupakan pemenang dalam STKD 2012 di Babel.
  2. Dari 8 perlombaan yang diadakan di STKN 2013, terdapat 3 jenis perlombaan yang belum ada perwakilan provinsinya yaitu perlombaan Buddhayana Idol, Catur dan Tenis Meja.
  3. Untuk perlombaan catur dan tenis meja akan diadakan pada saat pelaksanaan LDSMA di Lubuklinggau pada bulan Agustus 2013.
  4. Untuk perlombaan Buddhayana Idol akan dilaksanakan di Palembang dimana tempat dan waktu pelaksanaan akan ditentukan kemudian.
Acara berlanjut dengan kebaktian bersama peserta bersama umat Vihara Samantabhadra dikarenakan bertepatan dengan kebaktian HUT Dewi Kwan Im. Semua peserta tampak khusyuk membaca sutra suci bersama-sama.

Usai kebaktian peserta berkumpul bersama lagi dan bermain games. Pada kesempatan ini juga panitia acara memberikan kejutan perayaan ulangtahun peserta yang berulang tahun di bulan Maret. Tak ketinggalan penghargaan kepada PMV yaitu PMV Ter-rajin, PMV Ter-ramah, PMV Ter-kompak.

Hari 3 - 31 Maret 2013

Di hari terakhir Mukerda dilaksanakan pelantikan Ketua dan Pengurus dari PMBB Baturaja masa bakti 2013-2015. Mereka langsung dilantik oleh Ketua Sekber Sumsel.

Akhirnya Mukerda XII memasuki akhir acara, prosesi acara penutupan yang dihadiri oleh anggota Sangha serta senior Sekber berlangsung lancar. Pemukulan genta oleh Bhikkuni Xien Ming menandakan usainya rangkaian acara Mukerda XII selama 3 hari.


5 comments:

  1. seber mau nanya nih? apa sih lomba buddhis idol itu? mohon penjelasannya? ^^ thanks

    ReplyDelete
  2. Buddhayana Idol itu adalah lomba menyanyi Buddhis, seperti layaknya acara Indonesian Idol gitu.

    ReplyDelete
  3. sekber? dalam acara buddhis idol boleh dikirim berapa peserta per pmv? kamsia

    ReplyDelete
  4. Sekber, berapa jumlah maksimal peserta buddhis idol per pmv? dan tanggal audisinya? Xie" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jerry : seperti yang kami sampaikan dalam liputan diatas untuk teknis ketentuan seleksi Buddhayana Idol nanti akan kami sampaikan lagi ke tiap PMV baik tanggal seleksi maupun jumlah pesertanya. Itu akan kami rapatkan dahulu. Jadi harap bersabar ya....

      Delete

 
 
Blogger Templates