Social Icons

06 January 2016

Mukernas XV & Pelatnas V di Prasadha Jinnarakhita

Hellloooo Sahabat Sekber PMVBI Sumsel.. Apa kabar??? Selamat Tahun Baru dan Selamat Hari Metta, semoga kita semakin semangat dalam memberikan pelayanan dan kebahagiaan kepada semua, semakin giat untuk belajar, berbakti, praktek, bermain, berkarya.

Seperti tema Acara Mukernas XV & Pelatnas V (30 Desember 2015 - 03 Januari 2016) yaitu "Better Me, Better Society" Panitia Pelaksana mengajak seluruh peserta untuk mentransformasi diri yang baik sehingga jika diri kita sudah bertransformasi dengan baik maka seiring berjalannya waktu dapat memberikan dampak untuk kehidupan sosial kita. Mukernas XV & Pelatnas V diadakan di Prasadha Jinnarakhita, tempat untuk mengenang Sang Pelopor kebangkitan umat Buddha di Indonesia yaitu Ashin Jinarakkhita yang akrab disapa Sukong. Bagi Mimin maupun umat Buddha lainnya,  Sukong merupakan orang yang sangat luar biasa yang benar-benar sangat menginspirasi, banyak teladaan dari Sukong seperti semangat, pengorbanan, kedisplinan, dan kesederhanaan yang dapat dita contoh.

Balai Kenangan Ashin Jinnarakhita
Tanggal 30 Desember 2015, Pengurus Setprov Sekber PMVBI Sumsel bertolak dari Palembang ke Jakarta yang terdiri dari Lisan Putra (Sekprov), Lia Lestari (Wasekprov), Siska Anggrayani (Ketua DPD IPGABI), Niko Setiawan (Ketua Seksi PSDM), Andra (Ketua Seksi Mitra Daerah), Gusnawati (Ketua Seksi Kesekretariatan & Media Komunikasi) dan Erwin Salim (Anggota Seksi Kesekretariatan & Media Komunikasi. Setibanya di PJ kami disambut dengan hangat oleh teman-teman panitia, kami langsung melakukan registrasi ulang dan kemudian bersih diri sebelum acara pembukaan dimulai.

Pembukaan Acara Mukernas XV & Pelatnas V dimulai pukul 18.00 yang dihadiri oleh Anggota Sangha, Dirjen Bimas Buddha, Pengurus MBI beserta Banom, tamu undangan serta teman-teman Sekber PMVBI dari 17 Provinsi. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu (Indonesia Raya, Mars Buddhayana, Mars Sekber PMVBI), kata sambutan (Ketua Panitia Pelaksana sdr. Denni Michael Lie, Sekjend  Sekber PMVBI sdri. Ivana Miharja Kesuma, MBI Bpk. Marga Canto, Ketua Sagin  Bhante Nyana Suryanadi Mahathera, Dirjen Bimas Buddha Bpk. Dasikin) diselingi dengan penampilan dari pemuda/i dan juga ada dari saudari kita, dengan keterbatasan yang dimiliki tapi ternyata punya suara yang sangat memukau.

Bersama dengan Ketua Sagin Sumsel dan Pengisi Acara

Foto Bersama
Hari ke 2, tanggal 31 Desember 2015, acara berlangsung cukup padat dari pagi pukul 07.00 sampai malam (acara tahun baru) pukul 01.00. Pada hari kedua ini, diisi dari Sekjend Sekber PMVBI dan Ketua Sagin Mahathera Suryanadi. 

Hari ke 3, diawal tahun 2016, kami diajak untuk diskusi tentang Program Kerja Sekber PMVBI  (sesi ini dibagi menjadi 4 Kelompok (Organisasi, PSDM - Mitra, IPGABI, Media Komunikasi), kemudian dilanjutkan rapat koordinasi bersama Sagin, MBI beserta Banom dan diakhiri dengan sidang pengesahan Program Kerja Sekber PMVBI.

Hari ke 4, tanggal 2 Januari 2016, peserta mendapat sharing tentang Pentingnya Transformasi Diri dari Bpk. Sudhamek AWS (Chairman Garuda Food).  Siang harinya seluruh peserta diajak ke Wihara Kong Hoa Se, yang merupakan Wihara tempat YA Ashin Jinarakkhita ditahbiskan menjadi seorang Samanera oleh Maha Bhiksu Pen Ching dan diwihara ini peserta mendapat banyak wawasan tentang transofrmasi sosial dari Bhante Dharmavimala Mahathera. Selepas itu, pada malam harinya, Bpk. Adi Putera Widjaja (Perwakilan dari Siddhi) berbagi  tentang kegiatan - kegiatan Siddhi dan mengajak Sekber PMVBI agar dapat bekerja sama dengan Siddhi dalam program Entreprenur. Dan terakhir sebelum tidur, peserta membahas juklak dan teknis pelaksanaan STKN (Sarasehan dan Temu Karya Nasional) yang akan diadakan di akhir Desember 2016 di Prasadha Bhaisajyaguru di kota Lampung.
Transformasi  Sosial oleh Bhante Dharmavimala
Dharmasala Wihara Kong Hua Se
Foto di Wihara Kong Hua Se bersama Eddy Jonson
Sidang Pembahasan STKN
Hari ke 5, tanggal 3 Januari 2016, mendapat sharing tentang Organisasi yang Bahagia & Membahagiakan oleh Bpk. Didiek K. Suprapto (Retainer Consultancy at DAW groups)  dilanjutkan wejangan dari Bhante Nyanamaitri dan Romo Tanjung (Dewan Pengawas Wulan Bahagia).

Sore harinya pukul 16.00 dilaksanakan acara penutupan Mukernas XV & Pelatnas V. Pada kesempatan ini team Setjend Sekber PMVBI memberi apresiasi ke Sekber PMVBI Inspirasi yaitu Sumatera Utara (Inspirasi tentang sharing kegiatan di Media Komunikasi), Sumatera Selatan (Inspirasi tentang Kunjungan Daerah), Jawa Tengah (Inspirasi tentang Pertahanan Penyebaran Buddha Dhamma).

Wejangan dari Bhante Nyana Maitri & Romo Tanjung


Point Penting yang didapatkan dari Mukernas XV dan Pelatnas V yaitu meningkatkan komunikasi (baik sesama pengurus, koordinasi dari pusat - daerah-PMV, komunikasi dengan KBI, dan senior Sekber PMVBI), meningkatkan pelatihan pengembangan diri, Mengaktifkan media sosial, dan pembenahan administrasi dan keuangan Sekber PMVBI.



Ayo kita bertransformasi lebih baik lagi untuk diri sendiri dan sosial karena kita semua saling membutuhkan satu dengan yang lain, berikanlah pelayanan yang terbaik karena "Better Me, Better Society".
Serve to be Perfect, be Perfect to Serve.
Foto Bersama Suhu Nyanamaitri & Suhu Bhadrasila
Foto Bersama Romo Tanjung & istri

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates