Social Icons

31 October 2012

Retret Volunteer 2012

Pondok Sadhana Amitayus, Bogor
Mengambil tempat di Pondok Sadhana Amitayus, Bogor empat orang anggota Sekber Sumsel yaitu Lisan Putra, Rico Agus Hendro, Febrina Srikandy dan Gusnawati mengikuti acara Retret Hidup Berkesadaran yang diadakan oleh Sekber Pusat. Acara yang berlangsung dari tanggal 26-28 Oktober 2012 ini dihadiri dan dibimbing langsung oleh YM Mahathera Dharmavimala, YM Nyanagupta, YM Bhadra Vidya, YL Samanera Bhadra Murti dan Sister Rising Moon.

Suasana sesi mendengar secara mendalam
dan berbicara penuh cinta kasih
Tujuan dari acara ini adalah membentuk dan melatih komunitas di daerah agar siap dan dapat mengadakan acara-acara retret di provinsi masing-masing. Tampak hadir perwakilan dari provinsi Bangka Belitung, Jambi, Jakarta, Yogyakarta, Bandung serta anggota Sekber Pusat dan sukarelawan lepas lainnya.

Meditasi Jalan Berkesadaran


Acara yang berisikan berbagai teori dan praktek hidup berkesadaran dijalani para peserta, mulai dari meditasi duduk, meditasi jalan berkesadaran serta sesi mendengar secara mendalam berbicara penuh cinta kasih. Semua kegiatan diajarkan dan dilakukan dengan kesadaran penuh. Bunyi lonceng dan bel yang sering terdengar membantu peserta untuk kembali ke "rumah sejati" mereka yaitu aliran nafas masuk dan keluar.

Dalam sesi meditasi jalan peserta bersama para bhikku berjalan menyusuri alam di sekeliling pondok. Suasana pagi nan sejuk dipadukan dengan pemandangan alam nan asri sangat membantu peserta untuk fokus pada latihan.

Tampak Febrina praktek
membunyikan genta
Ada juga latihan membunyikan genta, sesuatu yang terlihat sederhana namun ternyata lumayan sulit. Dimana dalam praktek yang benar genta harus dibunyikan dengan penuh kesadaran dan tidak lupa dibacakan gathanya. Semua peserta mendapatkan giliran satu persatu mencoba dibimbing Sister Rising Moon. Walau nampak gemetar namun praktek ini memberikan suatu pengalaman baru bagi semua peserta. Pembekalan materi dan latihan yang sangat berarti sehingga diharapkan nantinya pemuda di daerah mampu mengadakan acara retret yang baik dan efektif.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates