Social Icons

15 March 2013

Ajahn Brahm : Tour d'Indonesia 2013, Palembang



Guru Si Cacing kembali hadir di kota Palembang. Ajahn Brahm kembali menyapa umat Buddhis di kota Palembang dalam rangkaian tur yang diselenggarakan oleh Ehipassiko Foundation. Tur yang bertajuk Ajahn Brahm Tour d'Indonesia 2013 ini berlangsung selama 8 hari di 8 kota di tanah air dimulai dari Yogyakarta, Padang, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Jakarta, Banda Aceh dan terakhir di Medan.

8 hari, 8 kota, 8 topik. Ya 8 topik yang mengambil sumber dari 8 Jalan Kebenaran dari ajaran Sang Buddha di bagikan Ajahn kepada para pendengarnya. Palembang sendiri kebagian topik Perkataan Benar (Right Of Speech). Ceramah yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta Palembang ini dihadiri lebih dari 1000 orang. Selain ceramah, dalam kesempatan ini juga diadakan peluncuran buku terbaru Ajahn Brahm yang berjudul "Bukan Siapa-Siapa", peluncuran komik Borobudur, serta pelelangan beberapa karya seni.

Dalam ceramah 45 menitnya, Ajahn menyampaikan kepada kita untuk selalu berkata benar dalam setiap kesempatan. Jangan takut untuk mengatakan kebenaran karena kebenaran merupakan nilai tertinggi dari segala hal. Tanpa kebenaran dunia tidak akan bisa hidup dalam damai, cinta kasih, pemaafan dan kasih sayang. Orang sering berbohong karena mereka takut akan hukuman yang menanti. Jadi, Ajahn mengajak kita untuk selalu mengajarkan kepada diri kita, anak kita dan siapa saja untuk selalu berkata jujur dan benar. Jangan buat mereka takut akan kemarahan kita apabila mereka melakukan kesalahan dan jujur. Mereka butuh bantuan kita untuk menyelesaikan masalah bukan memperumit keadaan.


Acara lelang juga melelang beberapa karya seni seperti rupang Buddha yang terbuat dari bubur kertas, lukisan realistik Ajahn Brahm serta lukisan rupang Buddha Candi Borobudur. Acara ditutup dengan sesi penandatanganan buku serta foto bersama.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates