Social Icons

04 September 2012

[SPSH 2012] Berputarnya Roda Dharma Menciptakan dan Membina Hubungan Harmoni Dalam Masyarakat

Memperingati hari Asadha di tahun ini, Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan acara Sejuta Pelita Sejuta Harapan untuk ke-4 kalinya sejak terakhir kali diadakan pada tahun 2008. SPSH tahun ini kembali dilaksanakan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang pada hari Sabtu, 01 September 2012.

Acara yang mengambil tema "Berputarnya Roda Dharma Menciptakan dan Membina Hubungan Harmoni Dalam Masyarakat" ini dihadiri oleh YM Nyana Suryanadhi MahaThera selaku Ketua Umum Sangha Agung Indonesia, YM Bhadrasillo selaku pimpinan Sagin Prov. Sumsel serta turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Bpk H. Ir. Alex Noerdin beserta staff, Walikota Palembang Bpk Eddy Santana Putra, para pemuka agama dan tamu undangan lainnya.

Puja bakti bersama
Rangkaian acara dimulai pukul 17.30 dengan puja bakti bersama selama 45 menit kemudian dilanjutkan dengan penyalaan pelita secara simbolis oleh YM Nyana Suryanadhi. 18.000 buah lilin yang membentuk formasi Dharma Cakra kemudian dinyalakan oleh hampir 100 orang baik relawan maupun umat. Semua tampak bersemangat menyalakan lilin-lilin tersebut.
Penyalaan pelita
Tari Gending Sriwijaya
Di sisi lain lapangan bertempat di panggung utama, acara SPSH resmi dimulai bersamaan kehadiran Gubernur Sumatera Selatan. Tari Gending Sriwijaya membuka acara SPSH tahun ini dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia, Bpk Hasan Effendi, kata sambutan YM Nyana Suryanadhi, kata sambutan MBI Pusat dan kata sambutan dari Gubernur Sumsel.

Gubernur Sumsel, Bpk Alex Noerdin
Nyanyian Dhammapada
Serangkaian pentas seni disuguhkan ke hadapan para tamu dan umat yang memenuhi kursi-kursi yang digunakan. Beragam kesenian ditampilkan dalam acara malam itu, seperti nyanyian Dhammapada yang dibawakan muda mudi Vihara Maitribhumi, Tari kipas oleh muda mudi Vihara Samantabhadra, vocal grup oleh muda mudi Vihara Dharmakirti dan WBI Sumatera Selatan.

Tari Kipas
Vocal Grup

Tidak ketinggalan juga salah satu acara penting malam itu yaitu doa bersama yang dibawakan oleh 5 tokoh agama yang mendoakan keselamatan bangsa dan negara. Suasana khusyuk nan khidmat terasa ketika 5 tokoh agama bersatu mendoakan Indonesia dan secara khusus Sumatera Selatan.

Doa bersama 5 tokoh agama

Acara pun berakhir sekitar pukul 22.00 ditutup dengan foto bersama panita dan pengisi acara SPSH. Semoga apa yang telah dilakukan dapat memberikan warna baru dalam pengembangan Buddha Dharma di Palembang serta semoga ke depannya acara serupa dapat dilaksanakan kembali.

---------------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates